Wednesday 29 April 2009

flu babi

flu babi adalah kasus-kasus influenza yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi. Galur virus flu babi yang telah diisolasi sampai saat ini telah digolongkan sebagai Influenzavirus C atau subtipe genus Influenzavirus A. Flu babi diketahui disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1, H1N2, H3N1, H3N2, dan H2N3.

Flu babi adalah jenis influenza yang disebabkan oleh virus H1N1 yang sebelumnya dikenal menyerang babi. Virus flu babi yaitu H1N1 merupakan mutasi virus influenza A dan biasanya ditemukan di Asia dan Eropa.

Flu babi menginfeksi manusia tiap tahun dan biasanya ditemukan pada orang-orang yang bersentuhan dengan babi, meskipun ditemukan juga kasus-kasus penularan dari manusia ke manusia.

Gejala infeksi virus flu babi termasuk demam, diorientasi, kekakuan pada sendi, muntah-muntah, kehilangan kesadaran, yang berakhir pada kematian. Menurut Pusat Imunisasi dan Penyakit Pernapasan Amerika Serikat, virus H1N1 kebal terhadap obat anti flu seperti amantandine dan rimantandine. Namun zat aktif obat anti flu burung Tamiflu yaitu oseltamivir dan zat aktif obat anti influenza A, zanamivir, efektif mengatasi gejala flu babi pada manusia.


cara menghindari flu babi yaitu jangan ada kontak langsung dengan babi
Karena penularan flu babi melalui udara dan dapat juga melalui kontak langsung dengan penderita, kemudian Masa inkubasinya 3-5 hari. Maka masyarakat dihimbau untuk mewaspadai seperti halnya terhadap flu burung.

No comments:

Post a Comment